Pages

Subscribe:

Apr 4, 2012

Tanda-Tanda Bahaya Dan Penyuluhan Sebelum Bayi Pulang


Pendahuluan
Rencana asuhan pada bayi hari ke-2 sampai hari ke-6 setelah lahir harus dibuat secara menyeluruh dan rasional sesuai dengan temuan pada langkah sebelumnya atau sesuai dengan keadaan bayi pada saat itu, apakah dalam keadaan sehat/normal atau mengalami sakit/gangguan.
Pada bayi-bayi yang lahir diRS atau klinik-klinik bersalin, asuhan pada bayi usia 2-6 hari ini juga harus diinformasikan atau diajarkan kepada orang tua bayi, sehingga saat kembali kerumah, mereka sudah siap dan dapat melaksanakannya sendiri. Secara umum asuhan yang diberikan kepada bayi usia 2-6 hari meliputi hal-hal yang berkaitan dengan minum, BAK, BAB, Tidur, kebersihan kulit, keamanan, tanda-tanda bahaya dan penyuluhan. Perawatan fisik bayinya harus diyakinkan bahwa ada lebih dari satu cara yang benar dalam menangani berbagai aspek fisik perawatan bayinya.
     http://www.pgbeautygroomingscience.com/role-of-lipid-metabolism-in-seborrheic-dermatitis-dandruff.html

a.Tanda-Tanda Bahaya
Beberapa Tanda bahaya pada bayi baru lahir harus diwaspadai,deteksi lebih dini untuk segera dilakukan penangananagar tidak mengancam nyawa bayi.beberapa tanda bahaya pada bayi baru lahir tersebut,antara lain:

§  Pernapasan sulit / lebih dari 60x/menit.
§  Terlalu hangat (>380C ) atau terlalu dingin (<360C )
§  Bayi kulit kering ( terutama 24 jam pertama ) berwarna biru , pucat atau memar.
§  Isapan saat menyusu lemah,rewel,sering muntah,dan mengatuk berlebihan.
§  Tali pusat merah,bengkak,keluar cairan,berbau busuk,dan berdarah
§  Mekoneumtidak keluar setelah 3 hari pertama setelah kelahiran
§  Terdapat tanda-tanda infeksi seperti suhu tubuh meningkat,merah,bengkak,bau busuk,keluar cairan,dan pernafasan sulit.
§  Tidak BAB dalam 3 hari,tidak BAK dalam 24 jam,feses lembek atau ecair,sering berwana hijau tua,dan terdapat lendir atau darah.
§  Menggigil,rewel,lemas,mengantunk,kejang,tidak bisa tenang,menagis terus menerus.kejang halus terus menerus
 Jika muncul tanda-tanda bahaya,ajarkan ibu untuk:
Ø  Memberikan penolongan pertama sesuai kebutuhan sampai bayi memperoleh    perawatan medis lanjutan.
Ø  Membawa bayi ke RS atau klinik terdekat untuk perawatan tindakan segera.

Muslihatun w,2010.asuhan neonatus bayi dan balita.fitramaya

b.Penyuluhan Bayi Sebelum Pulang
     
       Secara umum,bayi dapat dipulangkan apabila bayi dapat bernafas tanpa kesulitan dan tidak ditemukan masalah lagi,atau perawatan bayi dapat dilanjutkan dengan rawat jalan.
·         Perawatan tali pusatTelah banyak di lakukan uji klinis untuk membandingkan cara perawatan tali pusat agar tidak terjadi peningkatan infeksi,yaitu dengan membiarkan luka tali pusat terbuka edan membersihkan luka hanya dengan air bersih.
 Negara-negara yang beriklim tropis perlu mewaspadai penggunaan alkohol yang dulunya populer dan terbukti efektif untuk membersikan tali pusat,karna sesungguhya alkohol akan mudah menguap di daerah panas dan dengan demikian efektifitasnya akan menurun.begitupun dengan bedak antiseptik.

 Jadi cara yang paling efektif adalah dengan membiarkan tali pusat tetap terbuka ,           mengering dan hanya di bersihkan setiap hari dengan air bersih.dan bidan perlu memebrikan informasi ini pada tiap ibu agar tidak terjadinya infeksi karena terjadinya peningkatan kelembaban pada kulit bayi.

Bidan juga harus memberikan konseling pada ibu sebelum bayi di bawa pulang.Konseling yang diberikanbidan yakni:

·         Pemberian ASI
·         Jaga kehangatan bayi
Berikana bayi kepada ibu secepat mungkin,karena kotak antara ibu dengan kulit bayi sangat penting dalam rangka menghangatkan serta mempertahankan panas tubuh bayi.apabila suhu bayi <36,5oC segera hangatlah bayi dengan teknik metode kangguru.
·         Posisi Tidur yang tepat
·         ImunisasiAdalah suatu cara memproduksi imunitas aktif buatan untuk melindungi diri melawan penyakit tertentu dengan cra memasukkan suatu zat dalam tubuh melalui penyuntikan atau secara oral.
·         Perawatan harian atau rutin.
·         Pencegahan infeksi dan kecelakaan


Saat memulangkan Bayi,Bidan harus memastikan bayi yang sakit berat,sangat kecil atau di beri minum Dengan alternatif lain,akan melakukan kunjungan tindak lanjut Kondisi lingkungan mempengaruhi kapan dan berapa kali kunjungan tindak lanjut dilakukan.bayi dengan masalah khusus harus ditindak lanjut,harus dipastikan telah teratasi.hal lain yang harus dilakukan bidan pada saatkunjungan ulang antara lain menilai keadaan umum bayi,menimbang berat badab bayi dan menilai pertumbuhan bayi,memberikan KIE tentang masalah/kekhawatiran ibu,memberikan KIE ulang mengenaicara menyusui,perawatan bayi baru lahir tanda bahaya ,pemanfaatan puskesmas dan pemberian nu9
nellabowo.blogspot.com/p/rencana-asuhan-bayi-2-6-hari.html

Daftar Pustaka
Muslihatun w,2010.asuhan neonatus bayi dan balit
 Djuanda,adji,Prof,Dr,spkk,dkk.2010. MIMS Indonesia petunjuk konsultasi.Jakarta.CMP  MEDIKA

 http://logger.com/insanimiftachuljanah
nsanimj.blogspot.com/2010/.../makalah-askeb-neobayi-dan-balita.ht

ibuprita.suatuhari.com/tips/tanda-tanda-bahaya-pada-bayi-2-6-hari

c

No comments:

Post a Comment

Post a Comment